Pengertian dan Sejarah Seni Modern

Pengertian dan Sejarah Seni Modern - Seni modern mewakili serangkaian gagasan di antara sejumlah pelukis, pematung, penulis, dan pemain, baik secara individu maupun kolektif, mencari pendekatan baru untuk pembuatan seni. Meskipun seni modern dimulai, jika dipikir ulang, sekitar tahun 1850 dengan kedatangan Realisme, pendekatan dan gaya seni didefinisikan dan didefinisikan ulang sepanjang abad ke-20. Praktisi dari setiap gaya baru bertekad untuk mengembangkan bahasa visual yang asli dan representatif dari zamannya.

Pengertian dan Sejarah Seni Modern

Definisi Seni Modern

Seni modern adalah respons dunia kreatif terhadap praktik dan perspektif rasionalis kehidupan baru dan gagasan yang diberikan oleh kemajuan teknologi zaman industri yang menyebabkan masyarakat kontemporer mewujudkan dirinya dengan cara baru dibandingkan dengan masa lalu. Seniman bekerja untuk mewakili pengalaman mereka tentang kebaruan kehidupan modern dengan cara yang tepat. Meskipun seni modern sebagai sebuah istilah berlaku untuk sejumlah besar genre artistik yang mencakup lebih dari satu abad, secara estetis, seni modern dicirikan oleh maksud artis untuk menggambarkan subjek seperti yang ada di dunia, menurut perspektif unik dan uniknya. ditandai dengan penolakan terhadap gaya dan nilai yang diterima atau tradisional.

Awal Mula Seni Modern - Seni Modern Klasik dan Awal

Berabad-abad yang mendahului era modern menyaksikan banyak kemajuan dalam seni visual, mulai dari pertanyaan humanis periode Renaissance dan Baroque hingga fantasi yang rumit tentang gaya Rococo dan keindahan fisik ideal Neoklasik Eropa abad ke-18. Namun, satu karakteristik umum di era modern awal ini adalah idealisasi materi pelajaran, baik manusia, alam, atau situasional. Seniman biasanya tidak melukis apa yang mereka anggap dengan mata subyektif melainkan apa yang mereka bayangkan sebagai lambang subjek mereka.

Era Modernisme dan Seni

Era modern tiba dengan awal revolusi industri di Eropa Barat pada pertengahan abad kesembilan belas, salah satu titik balik paling penting dalam sejarah dunia. Dengan penemuan dan ketersediaan teknologi yang luas seperti mesin pembakaran internal, pabrik bertenaga mesin besar, dan pembangkit tenaga listrik di daerah perkotaan, kecepatan dan kualitas kehidupan sehari-hari berubah drastis. Banyak orang bermigrasi dari peternakan pedesaan ke pusat kota untuk mencari pekerjaan, mengalihkan pusat kehidupan dari keluarga dan desa di negara tersebut ke kota-kota urban yang meluas. Dengan perkembangan ini, pelukis tertarik pada lanskap visual baru ini, yang sekarang ramai dengan berbagai macam kacamata modern dan mode.

Perkembangan teknologi utama yang terkait erat dengan seni visual adalah fotografi. Teknologi fotografi berkembang pesat, dan dalam beberapa dekade saja, foto bisa mereproduksi adegan dengan akurasi yang sempurna. Seiring perkembangan teknologi, fotografi semakin mudah diakses masyarakat umum. Foto tersebut secara konseptual merupakan ancaman serius terhadap mode seni klasik yang mewakili suatu subjek, karena tidak ada patung atau lukisan yang bisa menangkap tingkat detail yang sama dengan fotografi. Sebagai hasil dari ketepatan fotografi, seniman diwajibkan untuk menemukan moda ekspresi baru, yang menghasilkan paradigma baru dalam seni.

Perspektif Artis dan Seni Modern

Pada awal dekade abad kesembilan belas, sejumlah pelukis Eropa mulai bereksperimen dengan pengamatan sederhana. Seniman dari seluruh benua, termasuk para pelukis potret dan genre seperti Gustave Courbet dan Henri Fantin-Latour, menciptakan karya-karya yang bertujuan untuk menggambarkan orang dan situasi secara obyektif, tidak sempurna, dan sebagainya, daripada menciptakan karya tema yang diidealkan. Pendekatan radikal terhadap seni ini akan terdiri dari sekolah seni yang luas yang dikenal sebagai Realisme.

Demikian artikel tentang Pengertian dan Sejarah Seni Modern. Semoga artikel ini bermanfaat.

Artikel Terkait

This Is The Oldest Page


EmoticonEmoticon